Untuk apa belajar bahasa asing?

Seorang teman datang dengan muka marah, benar-benar marah.

”Ah, baru aku tau untuk apa dulu kita diminta belajar bahasa asing” katanya dengan nada tinggi.

”Ya tentu saja supaya kita bisa belajar dari mereka karena sebagian besar teknologi ada di mereka kataku, lagian itu bahasa internasional, bahasa pergaulan bangsa-bangsa di dunia”

”Tidak semuanya benar!” katanya dengan ketus.

”Kita belajar bahasa asing hanya untuk memahami perintah ”mereka” yang menjadi tuan di rumah kita”.

Aku tiba-tiba teringat pidato abang kita Guruh Soekarno Putra dalam peringatan hari lahir Pancasila yang mengatakan bahwa bangsa kita saat ini adalah bangsa kuli di tengah-tengah bangsa lainya. Ah benar juga abang kita ini, lihatlah Indonesia terkenal dengan TKW-nya atau tenaga kerja ilegal di negeri jiran. Di dalam negeri? Banyak perusahaan asing atau perusaahaan yang sudah dimiliki asing akibat diprivatisasi sehingga memunculkan begitu banyak tuan-tuan baru yang berkuasa memberi perintah kepada para ”kuli” seperti teman tersebut.

Andai Bang Guruh membaca coretan ini mudah-mudahan dia bisa sampaikan ke mbaknya, kenapa dulu begitu banyak BUMN yang dilego sedemikian rupa sehingga teman saya tadi marah-marah. Entahlah…

Iklan

20 Komentar

  1. Kenapa belajar bahasa asing : karena orang asing itu masih pada belum bisa bicara, coba aja kita dengerin kalau mereka ngomong, kita kan nggak ngerti, itu artinya kayak anak kecil yang masih belum bisa bicara kita ajak bicara, kan nggak nyambung 🙂
    Untuk si Mbak-nya Guruh, ke depan saya mau buat Barisan Asal Jangan Mega……….

  2. kenapa belajar bahasa asing?? ^biar pinter kata bapak saiia^ :mrgreen:

  3. yah, privatisasi. masalah menjual negara itu mah. hoho.

    (^_^)v

  4. Wah, Mas, padahal saya lagi pengen banget belajar berbagai bahasa asing ni… ^_^

  5. jadi maless nich belajar bahasa asing

  6. kenapa blajar bahasa asing?? biar bisa ngintsal windows bajakan 😆

  7. Menurut saya belajar bahasa asing banyak motivasinya dan juga banyak manfaatnya daripada mudharatnya. Mengenai belajar bahasa asing hanya untuk mengerti perintah ‘majikan”?? Saya rasa itu pandangan yang sama sekali keliru, apa kalau kita tidak belajar bahasa asing, kita bisa jadi lebih berkuasa dan mandiri??

    Saya rasa untuk menjadi berkuasa di negeri sendiri (dan di negeri orang) bukan masalah apakah kita belajar bahasa asing atau tidak, tetapi apakah kita mampu berbuat dan berprestasi seperti mereka atau bahkan lebih?? Nah, kalau sudah begitu, saya yakin kita akan jadi “penguasa” di negeri ini bahkan bisa jadi juga di negeri lain…..

    Jangan2 nanti kalau kita tidak bisa berbahasa asing, malah lebih jadi “babu” lagi?? :mrgreen:

  8. menurut saya belajar bahasa asing (b. inggris) karena memang sebuah kebutuhan. bayangkan IPTEK dari hari ke hari berkembang begitu pesat. sebagian besar informasi tersebut di internet, sayangnya hampir 80% informasi tersebut menggunakan bahasa asing/inggris. nah, salah satu keuntungan belajar bahasa inggris adalah kita akan dengan mudah memahami info yang menggunakan bahasa asing. akhirnya bertambahlah cakrawa ilmu kita.
    begitu kuranng lebih pendapat saya mas….

  9. itu gambar kartun, siapa yang gambar mas?
    bagus banget!!!

  10. @Yari , benar itu adanya Mas… kita bisa menjadi penguasa dimanapun jika mau.
    @Ahsin, Sip…. setuju. Nanti tak suruh teman itu, baca komen2 di sini. Si teman kayaknya kesal sekali karena merasa tidak didengar bos nya dan ada kesan dari bos nya orang lokal tidak bisa apa-apa. Justru kita harus buktikan kita bisa. 🙂

    Terimaksih semuanya sudah corat-coret di sini 🙂

  11. Salam kenal semuanya! pertama kali aq berkunjung ke coretan pinggir, langsung terpesona dengan kata-kata yang menyingkap makna.. :>

  12. Alasan belajar bahasa :

    1. Bahasa sebagai media komunikasi
    2. Bahasa sebagai sarana cari duit
    3. Bahasa sebagai jalan masuk nya ilmu
    4. Bahasa sebagai upaya agar tidak di tipu
    5. Bahasa sebagai upaya menambah kolega

    terakhir…. saya pikir tidak ada yang salah dengan belajar bahasa asing, apa itu bahasa inggris, jepang, jerman, spanyol, atau bahasa aceh *pletaks* 😀

  13. Sip 🙂 btw bahasa Aceh menarik juga sepertinya 🙂

  14. Dialog dagelan, tapi cerdas! 🙂

  15. Hm… untuk apa ya? Kebanyakan sih bilang agar bisa menuntut ilmu di luar negeri.

    ANW, salam kenal. 😀

  16. seharusnya kita belajar bahasa asing biar bisa menjajah bangsa asing 🙂

  17. Satu-satunya yang paling mungkin “dijajah” Malaysia kali ya 🙂 tapi kayakya sekarang kondisinya kebalik. 😦

  18. hahahah… menggelitik …
    padahal aku uda mau daftar les bahasa asing loh, soalnya uda diuber -uber ma dosen wali suruh nyerahin hasil tes TOEFL

  19. wew, lagian bahasa asing lebih sulit.

  20. blh bljar bhasa asing, tapi bhsa qt jg jgn d abaikan, bhasa indonesia ttp jadi kbanggaan, ya ga….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s