Coretanku dibajak!

Lama tidak ‘nyoret’ dan posting di blog ini, tiba-tiba Minggu 14 Nopember lalu saya mendapatkan kejutan ketika melihat salah satu coretan saya yang sudah tersablon di baju kaos. Baju dengan mutu kaos  murahan tersebut tergantung manis di gerai baju perempuan Carrefour MT.Haryono, Jakarta. Bagaimana mungkin coretan tersebut sampai di sana padahal saya tidak pernah membuatnya dalam bentuk kaos atau mengizinkan pihak tertentu untuk memproduksi baju / benda apapun dengan memakai coretan saya untuk tujuan-tujuan komersil. Yup! Inilah yang namanya pembajakan! Yang lebih parah lagi setelah dibolak-balik kaos yang dijual 30 ribu  rupiah tersebut sama sekali tidak mencantumkan sumber gambarnya. Kalau dilihat dari brand yang tercantum di baju tersebut, yang memproduksinya adalah OD atau Original Design! Ha…ha….ha…ha…original!?… hi…hi…hi…hi…

 

Gambar aslinya diambil dari postingan saya di blog ini pada tanggal 20 Agustus 2009 yang berjudul “Monumen Nasional suatu sore”

 

Di bawah ini gambar-gambar baju tersebut:

Padahal di bagian awal blog ini, lihat halaman ‘about’, saya sudah menegaskan “Silakan memakai semua materi yang ada di blog ini, namun tentu saja dengan mencantumkan sumbernya dan tidak dipakai untuk tujuan-tujuan yang bersifat komersil”.

Mungkin diantara pembaca sekalian pernah mengalami hal yang kurang lebih sama.

Iklan

11 Komentar

  1. 😦 bang.. sedih sekali rasanya melihat macam begitu..

  2. minta royaltinya…ini kan kekayaan intelektual 🙂

    • He….he…he ….. benar juga ya. Tentu royaltinya cukup tinggi, tapi sepertinya baju tsb gak akan laku-laku amat, soalnya kualitas bahan bajunya tidak bagus. Ya saya sih masih menunggu penjelasan dari yang membajak tersebut.

  3. mas Cogir, seharusnya masalah itu diurus, plagiat semacam ini jelas pelecehan namanya, tanpa ijin dan dikomersilkan pula…… gawat bangsa ini kalo gini caranya.
    walau ada cara mencontek menggunakan teknologi semacam Livescribe. namun ide dasarnya tetap millik yang bersangkutan.
    Bisa ditelusuri dari si penjual, dari mana dapatnya, pasti ketemu yg ngaku sebagai OD dan mengkomersikan tanpa ijin.!!!

  4. Popoooooppp! yaampun lama nggak main kesini tau2 dibajak 😦

    turut berduka Pop…

    untuk mencegah, jangan aplod gambar yang hi-res Pop. cukuplah yang bisa dibaca penikmat komikmu aja. n kalo bisa, itu diurus. plagiat buat nyari duit itu bener2 NGGAK SOPAN!

  5. Gabung dan dukung petisi On Line memundurkan Nurdin Halid
    http://www.nurdinturun.co.cc

  6. wuuuaaaa sakit hati itu mah, mas 😦
    mudah2an aja yg ngebajak diberi hidayah oleh Allah subhanahu wa ta’ala.. amin 😀

  7. *geleng-geleng kepala*

  8. di watermark aja bang semua hasil karya. jadi ga semudah itu orang jiplak

  9. TERLALU *gaya bang haji*


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s